Mengenal huruf dan kata merupakan bagian dari aspek pengembangan membaca terhadap anak, oleh karena itu berikut ini adalah tahapan pembelajaran membaca melalui mengenal huruf dan kata. Adapun tahapan-tahapannya adalah sebagai berikut:
Jika Anak Belum Mulai Belajar Membaca
- Mempelajari kata-kata dengan bermain kotak-kotak yang ada hurufnya, melihat buku bergambar, bermain magnet kata, dll.
- Mempelajari kata-kata dari lagu, sajak, rambu lalu lintas, dan logo pada kemasan makanan.
- Mempelajari tentang buku cetak, dimana sebuah cerita dimulai sampai berakhir.
- Menyukai buku dan mencoba untuk membacanya.
- Mulai mengerti bahwa pikirannya bisa dituangkan ke dalam buku menggunakan gambar, simbol, dan huruf.
- Mulai berperilaku seperti pembaca, sebagai contoh memegang buku dan pura-pura membaca.
- Mulai bertingkah seperti penulis, memegang pensil dan pura-pura menulis.
- Menggunakan gambar dan ingatannya untuk bercerita.
Ketika Anak Pertama Kali Belajar Membaca
- Menyadari bahwa orang-orang menceritakan sesuatu lewat tulisan
- Mulai tertarik ketika diminta untuk membaca
- Mulai mencocokkan kata-kata yang diucapkan dan yang ditulis dan melihat hubungan antara bunyi dan huruf.
- Mencoba untuk membaca, dan mengucapkan dengan keras kata yang dibacanya.
- Mengerti bahwa gambar bisa membantu mengartikan kata
- Mencoba untuk menulis, misalnya menggunakan gambar, simbol yang mirip huruf, menulis kelompok huruf acak, menulis kata dengan huruf dan memberi spasi diantara kata.
- Mengerti bahwa menggambar dan menulis berbeda.
Jik Anak Sudah Belajar Membaca hal-hal sederhana
- Lebih percaya diri dalam menggunakan berbagai metode,seperti isyarat visual untuk mengidentifikasi kata di dalam tulisan
- Mengenali beberapa kata dan mencoba untuk mencoba membaca kata
- baru
- Menulis kalimat sederhana, menggunakan huruf nyata, spasi antar kata
- Menikmat menulis dan tertarik menulis dengan cara yang berbeda-beda, misalnya menulis daftar belanja, SMS, kartu ucapan, dan label
- Mulai merencanakan, merevisi, mengedit beberapa tulisan
Apabila Anak sudah Lancar Membaca
- Mengidentifikasi dan mengartikan kata-kata ketika membaca dengan cara yang bervariasi
- Menghubungkan ide dan pengalaman di dalam buku dengan pengetahuan dan pengalamannya
- Bisa memperkirakan kejadian di dalam cerita
- Bisa mengerti bahwa membaca dan menulis itu hal baik, dan memiliki inisiatif untuk membaca dan menulis untuk tujuannya sendiri
- Menggunakan berbagai strategi untuk mengeja kata-kata dengan benar
- Memilih kata-kata untuk menulis kalimat dan mengorganisasikan kalimat dalam sebuah paragraf.
- Menggunakan berbagai macam cara untuk merencanakan, merevisi, dan mempresentasikan tulisannya sendiri. (Basrochah, 2011 : 33-36).